Resolusiku Tahun 2023 Ditengah Isu Resesi Ekonomi

siorsib
5 Min Read
iStuck

“Orang sukses selalu memiliki segala rencana untuk masa depan.”

Sukses memang takdir, tapi dengan rencana yang matang untuk masa depan menjadi salah satu poin untuk mencapai kesuksesan itu. Betul kan?

Tapi bagaimana dengan resolusiku 2023 yang terus ditumpuk oleh isu-isu yang kurang berkenan dihati.

Di penghujung akhir tahun 2022 ini berbagai isu terus merangkak ke permukaan, mulai dari bencana alam, PHK massal di beberapa startup, hingga populasi penduduk di dunia meningkat hingga 8 miliar.

Betapa insecure nya rencana yang telah disusun untuk tahun 2023 tapi sudah diawali dengan berita keterpurukkan.

Salah satu rencanaku untuk tahun 2023 ini untuk memperbaiki sistem alur finansialku, aku menyadari bahwa tak selamanya bisa bekerja sama orang lain dan bergantung pada orang lain pula.

Toh buktinya beberapa karyawan di berbagai startup di PHK massal.

Jika ditelisik ya, beberapa startup besar seperti GoTo, Shopee, dan Ruangguru ia menanggapi hal ini dengan serius loh, bahkan mereka menerapkan kebijakan layoff.

Katanya sih adanya kebijakan ini karena sulitnya pencairan dana baru dari investor hingga ancaman resesi global.

Ya, adanya PHK ini ada beberapa alasan ternyata yang melatar belakanginya. Seperti beban gaji karyawan terlalu besar, strategi bakar duit yang kurang efektif, ketidakpastian ekonomi global di 2023.

Adanya penggunaan robot sehingga sebagian tenaga karyawan sudah tidak dibutuhkan lagi, ternyata sebegitunya ya hehe. Ngeri juga ternyata.

Dengan adanya berita ini aku sadar bahwa betapa pentingnya rencana finansial ini untuk direncanakan sematang mungkin. Ya karena kita gak bakalan tahu kedepannya apakah bisa bekerja secara tetap atau tidak?

Lalu selain finansial apa sih rencanaku di tahun 2023?

1. Upgrade Skill

Aku rasa nyari kerjaan makin kesini makin susah ya, apalagi kerjaan yang kita minati. Ada juga lowongan pekerjaan yang syaratnya “harus berpenampilan menarik”, menurutku sih ini bikin orang jadi insecure ya, karena skill itu tak bisa diukur dari penampilan loh.

Makanya tahun 2023 ini sudah bukan saatnya main di glowing dan glow up, tapi adu skill yang diutamakan.

Fyi, tahun 2022 ini merupakan perpindahan status dari siswa ke mahasiswa loh. Jadi ya aku rasa ini sangat penting untuk dilakukan sebagai perbekalan masa depan dengan cara terus menerus upgrade skill.

2. Catat Pengeluaran dan Buat Anggaran

“Gimana nanti, bukan nanti gimana” salah satu kutipan yang sering aku jadiin acuan. Ketika punya uang terkadang kita merasa yaudah abisin aja, kedepannya gimana nanti aja.

Nah itu kebiasaan buruk namanya, cobalah sisihkan walaupun sedikit untuk menabung sebagai uang darurat ketika terjadi apa-apa nantinya.

Lalu ketika kita ada pengeluaran kadang tak peduli seberapa besar uang yang dikeluarkan, dan tidak ada pencatatan pula sebagai batas ambang untuk menggunakan uang itu sendiri.

Tapi katanya tadi aku tuh lagi kuliah dan belum punya penghasilan, ya terus mau atur anggaran apa? Ya aku tahun 2023 ini mau mencoba terjun ke dunia freelancer yang sesungguhnya. Walaupun ya tak menutup kemungkinan aku bisa bekerja dan buka bisnis lebih baik sih plusnya.

Balik lagi ke pentingnya atur anggaran. Btw, tahun 2022 aku masih kebiasaan untuk membeli barang yang diinginkan bukan yang dibutuhkan. Jadi menurutku ini kebiasaan boros yang tak kerasa loh. Jadi 2023 aku mau mengubah kebiasaan ini agar bisa lebih prihatin lagi.

Fyi, ini salah satu rumus yang sering aku pake untuk atur keuanganku. Semisal gaji kamu Rp5 juta per bulan, maka rinciannya sebagai berikut:

– Kebutuhan, cicilan, dan tagihan 65% (Rp3.250.000,-)
– Dana darurat 10% (Rp500.000,-)
– Tabungan dan investasi 10% (Rp500.000,-)
– Self reward 10% (Rp500.000,-)
– Sedekah 5% (Rp250.000,-)

Itulah 2 resolusiku yang akan pertama kali aku jalani, gak usah banyak-banyak dulu ya hehe. Walaupun isu resesi ekonomi 2023 terus mengikis permukaan, jangan sampai kita lengah akan situasi yang sedang tidak baik-baik saja.

So, salam sehat mari perbaiki diri di tahun 2023 dan berikan energi positif ke semua orang.***

@kejarmimpi.id #KejarMimpiMenuju2023 #FacebookWritingCompetition #KejarMimpi

Share this Article
Leave a comment